VICTORY FUTURES

Selasa, 11 Agustus 2009

ATURAN MAIN FINANSIAL DENGAN PACAR

ATURAN MAIN

FINANSIAL

DENGAN PACAR



Jangan jadikan rasa cinta kamu sebagai alasan untuk membuat keputusan penting dengan pacar. Apalagi kalau sudah menyangkut uang.



BUKAN maslah pelit atau bahkan terlalu perhitungan. Tapi yang namanya urusan uang memang selalu sensitif. Jadi wajar kalau banyak orang yang beranggapan persoalan yang melibatkan uang sering jadi dilema. Parahnya, uang bisa juga membuat hubungan yang tadinya adem-adem saja. Malah jadi bermasalah.



Salah satu kasus, Melina, 25 tahun, sudah hampir 6 tahun berpacaran. ”namun saya tetap masih bingung kalau ada teman-teman yang menyarankan kami untuk membuka usaha baru dengan modal bersama. Bukannya kurang percaya tapi kalau sesuatu terjadi dengan kami berdua, kan bisa repot. ”bebernya. Kebingungan seperti ini memang wajar. Karemam membeli sesuatu memang wajar. Karena membeli sesuatu bersama-sama tanpa adanya ikatan pernikahan bisa menimbulkan banyak masalah nantinya. Dan untuk menghindari hal-hal tersebuat, simak satu-persatu kasus berikut ini.



Q: Bagaimana kalau dia lebih kaya?

A: Perkara lebih kaya memang kadang bisa membuat jadi kurang percaya diri. Jadi, sebelum mengambil keputusan, lebih baik pikirkan hal-hal lain yang lebih penting sebagai alasan menjalin hubungan dengannya. Selain itu, soal dibayari juga rupanya bisa membuat beberapa pasangan terpaksa harus tersenyum kecut. namanya juga laki-laki. Wajar kalau saya tersenyum kecut kalau dia mulai membuka dompet untuk menyelesaikan pembayaran, untuk menghilangkan perasaan tidak enak ini sebenarnya tidak sulit. Selain menjadi diri sendiri, berikan respek dan mencintainya dengan sepenuh hati. Hilangkan pula perasaan tidak enak saat dibayari.



Q: Seberapa aman Invesatasi bersama pacar?

A: Sebaiknya tidak menjadikan lama pacaran sebagai alasan bahwa investasi tersebut cukup aman. Sebab status pacaran belum aman untuk mengantisipasi segala resiko terburuk jika ada masalah. Jadi, sebelum gigit jari, sebaiknya pikir-pikir dulu. Namun kalau tetap bersikeras untuk berinvestasi pertimbangkan perjanjian di depan notaris, untuk jaga-jaga. Tapi perlu diingat juga kalau biaya perjanjian tidak murah.



Q: Bolehkah memberitahu masalah keuangan dengan pacar ?

A: Kepercayaan memang menjadi salah satu kunci dalam pacaran. Tapi tetap saja, semua kembali pada masing-masing pasangan. Soal pendapatan dan pengeluaran juga sebenarnya tak salah kalau mau saling berdiskusi. Dengan begini, baik kamu maupun dia bisa saling memberi masukan soal pengeluaran.



Q: Amankah membuat kartu kredit tambahan untuk pacar dari kartu kredit tambahan

untuk pacar dari kartu kredit sendiri?

A: Bukannya mau menakut-nakuti, tapi tindakan ini selain konyol, juga sangat beresiko. Kalau pacar adalah tipe yang bisa dipercaya mungkin tidak masalah, namun kalau tidak? Bikin pusing juga kalau limit dikartu itu cukup besar. Belum lagi kalau dia nggak mau tahu dengan belanjanya. Jadi untuk amannya, lebih baik minta dia membuat kartu kredit atas namanya, sebagai pemilik kartu utama, mau tak mau segera tutup kartu kredit tersebut.



Tapi yang namanya urusan uang

memang selalu sensitif.

Jadi wajar kalau banyak orang yang beranggapan

persoalan yang melibatkan uang sering jadi dilema.



Q: Bagaimana jika mau membuka usaha bersama dengan pacar?

A: pintar –pintar sendiri lah. Sebelumnya, pikirkan matang-matang, sebab pasangan yang belum menikah sebainya mengelola keuangan secara terpisah saja. Jika hendak membeli motor, mobil atau rumah secara patungan, pastikan nama sendiri juga tercantum sebagai pemilik. Dan tetap buat surat perjanjian tentang pembagian yang adil jika nantinya barang mau dijual.




Sumber: Tabloid Applaus Edisi 99│3 Juni 2009│Konsultan: Rahmi, S.Psi

Publish Oleh: samuelsiagian.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukkan Komentar anda